BIKIN INFLASI! DPR Menolak Usulan Kenaikan Gaji PNS Tahun 2024

- Selasa, 23 Mei 2023 | 16:35 WIB
Gedung DPR RI (mpr.go.id)
Gedung DPR RI (mpr.go.id)

KLIK PENDIDIKAN - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari beberapa fraksi menolak rencana kenaikan gaji untuk aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) pada 2024.

Salah satunya yang menyinggung soal kenaikan gaji PNS adalah Dave Akbarshah Fikarno Laksono dari Partai Golkar. Dia mengatakan pemerintah harus berhati-hati dalam rencana menaikan gaji PNS.

Dia berpendapat bahwa kenaikan gaji PNS akan berdampak pada inflasi negara.

Baca Juga: Daftar 57 Calon Kabupaten dan 8 Calon Provinsi Baru yang Akan Dimekarkan! Cek Faktanya..

Dia juga meminta pemerintah melakukan evaluasi target inflasi pada 2024 yang ditargetkan sebesar 1,5% sampai 3,5%.

"Terlebih pada 2024 nanti, akan berlangsung pesta demokrasi Pemilu serentak serta wacana kenaikan gaji pegawai negeri sipil ASN yang berpotensi meningkatkan laju inflasi secara nasional," kata dia dalam rapat Paripurna di DPR pada Selasa 23 Mei 2023.

Abdul Wahid dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga sempat menyinggung perihal rencana kenaikan gaji PNS. Dia meminta pemerintah mengevaluasi remunerasi atau perombakan tunjangan kinerja para PNS.

Baca Juga: VIRAL! GAJI PNS NAIK 7 PERSEN? Cek Fakta-faktanya

"Untuk belanja pegawai Fraksi PKB meminta pemerintah agar mengevaluasi sistem remunerasi pada kementerian atau lembaga karena masih belum efektif meminimalisir aksi korupsi dan sejenisnya," sebutnya.

Kemudian Fraksi yang mendukung kenaikan gaji PNS salah satunya adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang diwakili Muhammad Aras.

Menurut dia, pemerintah harus lebih memperhatikan kesejahteraan PNS. Pihaknya mengusulkan agar gaji pokok PNS naik 6-7% setiap tahunnya.

Baca Juga: ATURAN BARU! Sekarang PNS Tidak Boleh Sakit, Akan Dapat Tunjangan ini..

"Ini penting agar gaji pokok dan pensiunan tidak tergerus inflasi," ucap dia.

Semoga bermanfaat.***

Halaman:

Editor: Nabilah Dwi Hermawati

Sumber: DPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X